Kamis, 24 Desember 2009

Pemberontakan Para Normatif

Subyek Formal:

Saudara…pelajari buku ini! Terjemahkan dan buat ringkasannya. Minggu depan presentasikan bersama kelompok! Semua harus mengerjakan. Tanpa kecuali. Paham?

Obyek Normatif:

Wah, sulit sekali. Saya tidak dapat memahaminya dengan baik. Apalagi referensinya dalam bahasa asing. Bagaimana aku bisa memahaminya? Bukankah masih banyak referensi yang lain? Kenapa harus memakai referensi ini?

Subyek Formal:

Karena hanya ini referensi yang paling bagus, yang ditulis oleh para ahlinya. Jadi pelajari saja!

Obyek Normatif Patuh:

Iya benar. Aku juga kesulitan membuat ringkasannya. Bahasanya sulit sekali dipahami. Tapi ini kan tugas. Harus dikerjakan. Jadi mau tidak mau harus aku kerjakan. Tidak peduli hasilnya baik atau tidak..

Obyek Normatif Bijak:

Jangan mengeluh… inilah kesempatan kita untuk belajar sesuatu yang kita rasakan sulit. Dengan tugas yang sulit ini, kita kan bisa sembari mengasah kemampuan kita dalam menerjemahkan bahasa asing. Yakinlah kita pasti bisa! Kita pasti bisa menyelesaikan tugas yang sulit ini dengan baik.

Obyek Normatif Kritis:

Kau memang benar Normatif bijak. Tapi lihatlah! Tahun berapa buku ini dibuat? Sudah lama sekali. Padahal perkuliahan ini kan seharusnya mengupas dan meneliti informasi-informasi atau permasalahan-permasalahan yang ada pada masa kini. kalau begitu aku harus tetap mencari referensi lain yang up to date.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar