Selasa, 15 Desember 2009

Ilmu sebuah Tahta. Benarkah?

Definisi ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum sebab-akibat dalam suatu golongan masalah yang sama sifatnya, baik menurut kedudukannya (apabila dilihat dari luar), maupun menurut hubungannya (jika dilihat dari dalam). , Harsojo, Guru Besar Antropolog, Universitas Pajajaran

Mengapa ilmu hadir?

Pada hakekatnya, manusia memiliki keingintahuan pada setiap hal yang ada maupun yang sedang terjadi di sekitarnya. Sebab, banyak sekali sisi-sisi kehidupan yang menjadi pertanyaan dalam dirinya. Oleh sebab itulah, timbul pengetahuan (yang suatu saat) setelah melalui beberapa proses beranjak menjadi ilmu.

Bagaimanakah manusia mendapatkan ilmu?

Manusia diciptakan oleh Yang Maha Kuasa dengan sempurna, yaitu dilengkapi dengan seperangkat akal dan pikiran. Dengan akal dan pikiran inilah, manusia mendapatkan ilmu, seperti ilmu pengetahuan sosial, ilmu pertanian, ilmu pendidikan, ilmu kesehatan, dan lain-lain. Akal dan pikiran memroses setiap pengetahuan yang diserap oleh indera-indera yang dimiliki manusia.

Dengan apa manusia memperoleh, memelihara, dan meningkatkan ilmu?

Pengetahuan kaidah berpikir atau logika merupakan sarana untuk memperoleh, memelihara, dan meningkatkan ilmu. Jadi, ilmu tidak hanya diam di satu tempat atau di satu keadaan. Ilmu pun dapat berkembang sesuai dengan perkembangan cara berpikir manusia.

Batapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. Dengan ilmu manusia dapat menjadi seperti apa yang mereka inginkan. Dengan ilmu, manusia mampu menciptakan segala sesuatu yang akan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan manusia yang lain pada umumnya. Dengan ilmu pula, seseorang dapat memperoleh kekuasaan. Dan masih banyak lagi peran ilmu bagi kehidupan manusia.

Bagi manusia yang beradab, yang pada hakikatnya meletakkan pemikiran di atas segalanya, ilmu menempati posisi paling tinggi yang menentukan keberadaan seseorang dengan manusia yang lain. Ilmu menjadi sebuah tahta yang dapat menguasai dan mengatur seluruh kehidupan manusia.

Referensi:
http://www.anneahira.com/ilmu/index.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar